google

Iklan Automotif

Your Ad Here

sekilas info

Minggu, 16 Maret 2008

Tips supaya tuas kopling ringan dan awet


1. perhatikan bagian tuas.. apakah ada karat apa tidak.. pada bagian ini baut penahan tuas kopling harus diberi gemuk/greese.. supaya tetap lancar dan tidak berkarat..
2. bagian pengait kabel kopling yang dikaitkan ke tuas kopling... nah ini juga harus diberi gemuk krn sering terjadi gesekan walau kecil tp fatal akibatnya...
soale bagian ini termasuk yg sering putus..
3. pengatur kencang/kendur kopling.. ini cukup diberi oli saja.. tp jangan kebanyakan.... ntar kotor sekali.. bagian ini jangan sampai berkarat yaks...
4. kabel kopling dan selongsongnya... yg mudahnya cukup spet dng oli (pake suntikan bekas refill tinta printer).. klo mo rada ribet dan mahal dikit.. beli gemuk cair yg dikemas bagus didalam kaleng harganya 75 rb di ace hardware..
5. posisi alur kabel kopling dari atas hingga ke bawah jangan terlalu banyak tikungan biar dapat mengurangi nilai gesekan.. ini memanjangkan umur pakai kabel kopling sekaligus mengurangi gesekan yg tidak perlu...
6. bagian penahan kabel kopling bagian bawah (yg di ikat diblok mesin)... nah disini yg sering gw liat jarang diperhatikan.. pasrah aja terima apa adanya.. posisi mur 14 dan mur 12 diikat jadi satu.. ini dapat memicu putusnya kabel kopling.. ujung selongsong tidak dapat mengarah tepat pada tuas kopling bawah...
cara yg jitu :

lepas kabel kopling dari pengaitnya.. trus buka mur 14 dan pindahkan kesebelah kiri.. kembalikan lagi kabel+selongsongnya ke penahannya.. tautkan kembali ujung kabel koplingnya trus kencangkan mur 14 dan mur 12 bersamaan (jd bisa mengikat penahannya) tp jangan lupa setel dulu jarak mainnya... setelah itu baru setel jarak kosong kopling dng tensioner bagian atas (dituas kopling atas)... setelah itu.. nyalakan mesin mongtor dan coba kendarai... masukan persneling 1 - 2 trus netralkan (dlm keadaan dikendarai) apabila tdk bs netral... coba setel ulang melalui tensioner atas...

selamat mencoba... semoga berhasil

Tidak ada komentar:

Info