google

Iklan Automotif

Your Ad Here

sekilas info

Kamis, 13 Maret 2008

SEETING KLEP TIGER

klep pada kondisi dingin ukurannya
klep masuk = 0,10 mm
klep buang = 0,10 mm

pada saat mesin panas/hangat ukurannya
klep masuk = 0,07 mm
klep masuk = 0,07 mm

nah... ada satu pengalaman saya dan hingga kini msh digunakan bahwa klep tersebut apabila pemakaian s/d 2000-2500 km akan terjadi perubahan pada kerenggangannya terutama pada klep buang yg akan "molor" pada ukuran 0,15-0,20 mm...(apabila penyetelan awal dng standar pabrik)
triknya adalah....
pada saat penyetelan klep kondisi mesin panas/hangat..
utk klep masuk = 0,07 mm
utk klep buang = 0,05 mm....
ini utk perhitungan apabila sampai pada servis berikutnya dapat dicapai nilai BEP dari kedua klep tersebut.... artinya kerenggangan kedua klep akan seimbang pada saat servis berikutnya dan kondisi ini dapat diberlakukan utk pemakaian sangat ektrim (rpm tinggi)...

Modal Setel Klep
1.kunci klep 24
--> biasa ada 2 ujung, yg gede <24> buat motor sport

2.kunci setelan klep
--> bentuknya L ujungnya ada lubang bentuk kotak
--> tapi ada juga yg pake obeng min, kek pio ane
--> buat ngencengin / ngendorin setelan klep

3.kunci ring 10 tergantung mur pengunci setelan klep nya
--> pilih yg lekuknya agak dalem biar bisa masuk

4.Feeler Gauge / Puller <15-20rebuan>
--> pastiin ini puller buat motor, cek aja, musti ada
ukuran dari 0.03, 0.04, 0.05, ampe 0.10. Klo salah
beli suka dapet yg buat mobil, paling kecil 0.05. terus
langsung lanjut ke 0.10, 0.15, ga presisi jadinya klo buat
motor.

5.Obeng min
--> buat buka tutup magnet n lubang intip
--> klo ga ada bisa pake tank ma ring besi / uang logam

6.Kunci busi
--> buat buka busi

7.Kunci Socket
--> klo motor ane ukuran 14, tau klo beda motor
--> buat muter kruk as pas nyari TMA

Langkah-langkah Setel Klep
1.Pastiin mesin dalam kondisi dingin n bersihin
dulu bagian2 yg mo dibuka

2.Buka busi, tutup klep in-out, tutup magnet, tutup
lubang intip

3.Cari TMA, putar kruk as
berlawanan jarum jam, sambil liat di lubang intip, sesuaiin
tanda top di magnet ma di blok mesin. TMA akan dicapai
tepat setelah klep masuk turun sekali,
terus pas piston mo naek lagi itu menuju TMA. Buat muter
ni kruk as, bisa make kunci socket

4.Ukur renggang klep, coba2 aja bilah ukur nya. Yg mentok
/seret itu dia.
- Klo di luar spek, setel ulang
- Kendorin mur pengunci
- Selipin puller + kencengin / kendorin sesuai keinginan
- Tahan, jangan ampe bergeser, kencengin mur pengunci
- Klo uda, coba ukur lagi, berubah ga? Klo ga berubah
coba diengkol bbrp kali, cari TMA, ukur lagi, mustinya
ga berubah, Klo berubah back to step 1.

5.Klo uda semua, pasang balik lagi tutup2, n busi.

Tidak ada komentar:

Info