google

Iklan Automotif

Your Ad Here

sekilas info

Kamis, 13 Maret 2008

MAU NGACIR DENGAN HEMAT...???

Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Ada kebijakan pemerintah mengenai hemat BBM ini, kalau tak salah dikeluarkan pada tahun 1980. Makanya produsen pembuat karburator ternama seperti Keihin dan Mikuni membuat stelan campuran yang miskin atau perbandingan antara udara lebih banyak dibandingkan bensin. Tujuannya jelas untuk memperirit konsumsi bensin.

Untuk produk keihin tidak terlalu kerasa yang saya coba adalah di karburator mikuni yang dipakai oleh motor2 Yamaha seperti vega-R dan jupiter Z kalau gak salah Suzuki shogun juga pake karburator jenis ini.Berikut ini tips sederhana pada settingan karburator pada motor jupiter-Z (pada bagian pilot jet nya saja) :
1. ambil selembar kawat bekas kabel gas bisa minta sama bengkel terdekat.
2. ingat bekas kabel gas jangan bekas kabel kopling apalagi bekas kabel rem.
3. korekan selembar kawat tadi ke bagian spuyer bensin(pilot jet) sampai tembus.
4. setelah semuanya dicuci dan terpasang tinggal stel lagi putaran idle mesin.
5. penyetelan gas dan angin secara maksimal atau mendapat suara lengkingan tertinggi.

Dengan cara ini Jupiter-Z ku bisa melakukan perjalanan jarak jauh tanpa khawatir lagi akan gejala overheat saya buktikan dengan melakukan perjalanan jarak jauh ke kota Yogya dari Bandung pp. Tenaga tidak ada matinya, bro !


Nilai yang diberikan (Nilai Overall)


Tulisan Tentang Tips Mobil & Sepeda Motor [tulisan ke.02] Baca Juga:

* Pengalamanku dengan Wiper
* Bila RPM Tidak Stabil
* Perbaiki Rem cakram Sepeda motor dengan cara praktis
* 4 Metode untuk menghindari pencurian sepeda motor

SETING KARBU TIGER




SEETING KLEP TIGER

klep pada kondisi dingin ukurannya
klep masuk = 0,10 mm
klep buang = 0,10 mm

pada saat mesin panas/hangat ukurannya
klep masuk = 0,07 mm
klep masuk = 0,07 mm

nah... ada satu pengalaman saya dan hingga kini msh digunakan bahwa klep tersebut apabila pemakaian s/d 2000-2500 km akan terjadi perubahan pada kerenggangannya terutama pada klep buang yg akan "molor" pada ukuran 0,15-0,20 mm...(apabila penyetelan awal dng standar pabrik)
triknya adalah....
pada saat penyetelan klep kondisi mesin panas/hangat..
utk klep masuk = 0,07 mm
utk klep buang = 0,05 mm....
ini utk perhitungan apabila sampai pada servis berikutnya dapat dicapai nilai BEP dari kedua klep tersebut.... artinya kerenggangan kedua klep akan seimbang pada saat servis berikutnya dan kondisi ini dapat diberlakukan utk pemakaian sangat ektrim (rpm tinggi)...

Modal Setel Klep
1.kunci klep 24
--> biasa ada 2 ujung, yg gede <24> buat motor sport

2.kunci setelan klep
--> bentuknya L ujungnya ada lubang bentuk kotak
--> tapi ada juga yg pake obeng min, kek pio ane
--> buat ngencengin / ngendorin setelan klep

3.kunci ring 10 tergantung mur pengunci setelan klep nya
--> pilih yg lekuknya agak dalem biar bisa masuk

4.Feeler Gauge / Puller <15-20rebuan>
--> pastiin ini puller buat motor, cek aja, musti ada
ukuran dari 0.03, 0.04, 0.05, ampe 0.10. Klo salah
beli suka dapet yg buat mobil, paling kecil 0.05. terus
langsung lanjut ke 0.10, 0.15, ga presisi jadinya klo buat
motor.

5.Obeng min
--> buat buka tutup magnet n lubang intip
--> klo ga ada bisa pake tank ma ring besi / uang logam

6.Kunci busi
--> buat buka busi

7.Kunci Socket
--> klo motor ane ukuran 14, tau klo beda motor
--> buat muter kruk as pas nyari TMA

Langkah-langkah Setel Klep
1.Pastiin mesin dalam kondisi dingin n bersihin
dulu bagian2 yg mo dibuka

2.Buka busi, tutup klep in-out, tutup magnet, tutup
lubang intip

3.Cari TMA, putar kruk as
berlawanan jarum jam, sambil liat di lubang intip, sesuaiin
tanda top di magnet ma di blok mesin. TMA akan dicapai
tepat setelah klep masuk turun sekali,
terus pas piston mo naek lagi itu menuju TMA. Buat muter
ni kruk as, bisa make kunci socket

4.Ukur renggang klep, coba2 aja bilah ukur nya. Yg mentok
/seret itu dia.
- Klo di luar spek, setel ulang
- Kendorin mur pengunci
- Selipin puller + kencengin / kendorin sesuai keinginan
- Tahan, jangan ampe bergeser, kencengin mur pengunci
- Klo uda, coba ukur lagi, berubah ga? Klo ga berubah
coba diengkol bbrp kali, cari TMA, ukur lagi, mustinya
ga berubah, Klo berubah back to step 1.

5.Klo uda semua, pasang balik lagi tutup2, n busi.

Rabu, 12 Maret 2008

Motorcycle History

The inspiration for arguably the first motorcycle was designed and built by the German inventors Gottlieb Daimler and Wilhelm Maybach in Bad Cannstatt (since 1905 a city district of Stuttgart) in 1885.[1] The first petroleum-powered vehicle, it was essentially a motorised bicycle, although the inventors called their invention the Reitwagen ("riding car"). However, if one counts two wheels with steam propulsion as being a motorcycle, then the first one may have been American. One such machine was demonstrated at fairs and circuses in the eastern U.S. in 1867, built by Sylvester Howard Roper of Roxbury, Massachusetts.[1]

In 1894, Hildebrand & Wolfmüller became the first motorcycle available for purchase.[2] In the early period of motorcycle history, many producers of bicycles adapted their designs to accommodate the new internal combustion engine. As the engines became more powerful, and designs outgrew the bicycle origins, the number of motorcycle producers increased.

An historic 1941 Crocker

Until the First World War, the largest motorcycle manufacturer in the world was Indian, producing over 20,000 bikes per year. By 1920, this honour went to Harley-Davidson, with their motorcycles being sold by dealers in 67 countries, until 1928 when DKW took over as the largest manufacturer.

After the Second World War, the BSA Group became the largest producer of motorcycles in the world, producing up to 75,000 bikes a year in the 1950s. The German company NSU Motorenwerke AG held the position of largest manufacturer from 1955 until the 1970s.

From the 1960s through the 1990s, small two-stroke motorcycles were popular worldwide, partly as a result of East German Walter Kaaden's engine work in the 1950s.[3]

Today, the Japanese manufacturers, Honda, Kawasaki, Suzuki, and Yamaha dominate the motorcycle industry, although Harley-Davidson still maintains a high degree of popularity in the United States. Recent years have also seen a resurgence in the popularity of several other brands sold in the U.S. market, including BMW, KTM, Triumph, Aprilia, Moto Guzzi and Ducati.

Outside of the USA, these brands have enjoyed continued and sustained success, although Triumph, for example, has been re-incarnated from its former self into a modern world-class manufacturer. In overall numbers, however, the Chinese currently manufacture and sell more motorcycles than any other country and exports are rising. The quality of these machines is asserted to be somewhat lower than their Japanese, European and American counterparts[citation needed].

Additionally, the small-capacity scooter is very popular through most of the world. The Piaggio group of Italy, for example, is one of the world's largest producers of two-wheeled vehicles. The scooter culture has, as yet, not been adopted widely in North America.[citation needed]

Info